Resep Membuat Kue Bolu Pisang

Salah satu kue yang banyak penggemarnya adalah Kue Bolu Kukus Pisang. Kue ini sangat lembut dan disukai oleh kalangan anak-anak hingga lansia, kelembutan dan rasa pisang yang telah di adon dengan tepung dan berbagai macam campuran kue lalu di kukus, karena proses pengukusan inilah Kue Bolu Kukus Pisang menjadi primadona. Ada sebab lain yang menjadi Bolu Kukus Pisang ini sering dibuat oleh para pembuat kue karena bahan-bahan nya yang mudah ditemukan di Indonesia khususnya di Kota Medan. Sehingga kue kotak untuk acara-acara resmi seperti meeting kantor, rapat kerja ataupun non resmi seperti acara pesta, syukuran, ulang tahun, kumpul teman - teman sering dihadirkan Bolu Kukus dan porsinya biasanya lebih besar dibandingkan porsi potongan kue bolu yang lainnya.

pesan kue kotak bolu kukus medan

Bolu Pisang ini pada umumnya diolah dengan dua cara yaitu di panggang dan di kukus. Kali ini kita akan share cara pembuatan Bolu Kukus Pisang ala Medan yang lembut dan enak untuk pesanan kue kotak.

Bahan :
  • Pisang Ambon 6 buah
  • Mentega 6 sdm
  • Rasa Vanila 4 sdt
  • Gula Pasir 200 gr (bisa ditambah atau dikurangkan sesuai kebutuhan)
  • Garam 2 sdt
  • Tepung Terigu 200 gr
  • Vanila bubuk 4 sdt
  • Coklat yang halus 40 gr
  • Baking powder 2 sdt
  • Telur ayam 4 btr

Langsung saja diberikan cara pembuatan bolu kukus pisang yang sederhana, lets check it.

Cara Membuat Bolu Kukus :

  1. Haluskan pisang hingga benar-benar halus dan lembut, untuk menghaluskan pisang bisa menggunakan sendok dengan cara di tekan-tekan atau juga bisa menggunakan blender (agar lebih efesien).
  2. Saatnya membuat adonan agar tercampur, sebagai berikut mentega di cairkan dengan cara di panaskan lalu mentega setelah cair campurkan ke dalam adonan yang lainnya.
  3. Sediakan sebuah wadah yang besar untuk membuat adonan, masukan telur sambil di kocok hingga lembut dan mengembang usahkan pisahkan kuning telur dan putihnya, lalu tambahkan gula pasir, coklat bubuk, garam, tepung terigu aduk lagi hingga benar-benar tercampur dan rata dengan menggunakan blender.
  4. Tambahkan vanila bubuk, baking powder, dan aduk sampai rata kembali. Setelah adonan semuanya rata, lalu pisang yang telah di lembutkan masukan ke dalam adonan dan campurkan hingga rata. 
  5. Siapkan wadah kue untuk kita kukus atau loyang dan lapisi atau oleskan dengan mentega permukaan dalam loyang
  6. Masukan adonan kedalam loyang, kemudian adonan di kukus dengan menggunakan api yang kecil saja hingga adonan matang
  7. Saatnya mengecek kematangan kue kukus apakah sudah matang hingga kedalam atau belum dengan cara menusukkan garpu atau sumpit.
  8. Angkat dan siap di sajikan dan potonglah sesuai porsinya.

Mungkin bagi pemula yang baru pertama sekali membuat kue, Kue Bolu Kukus bisa menjadi bahan latihan anda karena mudah dan bahan-bahnnya bisa ditemukan di pajak-pajak Medan ataupun di warung. Selamat mencoba atau anda pisan pesan ke kue kotak medan untuk memenuhi acara anda.

Komentar